Minggu, 08 Januari 2012

MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI

Penggunaan teknologi informasi merupakan suatu keinginan baik individu  maupun kelompok dan berkaitan dengan kemampuan. Penggunaan teknologi  informasi berkaitan dengan sistem yang berarti individu percaya bahwa dalam  menggunakan suatu sistem tertentu akan terlepas dari suatu usaha tertentu melalui  proses penggunaan aplikasi sistem.
Teknologi informasi telah menjadi suatu komponen yang tidak terpisahkan  dari mekanisme organisasi. Walaupun banyak program yang tersedia, namun akan  sulit sekali jika digabung dengan personel yang tidak terlatih. Pemahaman secara  lengkap dari system merupakan kunci dari efektivitas penggunaan system  tersebut. Persepsi tentang kemudahan dalam menggunakan teknologi informasi  merupakan factor dominant untuk menjelaskan persepsi dari manfaat dan  penggunaan suatu system. Persepsi tentang manfaat mempunyai pengaruh yang  kuat terhadap penggunaan sistem (Igbaria dalam Thai Fung Jin, 2003).
Pemanfaatan teknologi inofrmasi yang tepat didukung oleh keahlian personil yang  mengoperasikannya dapat meningkatkan kinerja perusahaan maupun kinerja  individu yang bersangkutan. Diterimanya suatu teknologi komputer tergantung  pada teknologi itu sendiri dan tingkat skill dan ekspertise dari individu yang akan  menggunakannya. Bagi perusahaan, aplikasi teknologi yang tepat akan  mendatangkan competitrive advantage, sedangkan bagi individu keahlian yang  dimiliki akan dapat meningkatkan kinerja individu yang bersangkutan. Pemanfaatan teknologi informasi dikonseptualisasikan sebagai seberapa  luas system informasi terintegrasi pada setiap tugas rutin individu, baik karena  pilihan individu maupun karena mandate organisasi. Konsep pemanfaatan tersebut  mencerminkan pilihan individu atau organisasi untuk menerima system. Konsep ini dioperasionalisasi dengan menanyakan seberapa tinggi ketergantungan  pemakai terhadap sederetan daftar system informasi berbasis komputer yang  tersedia pada organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More